EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA PENGURUS DAERAH DHARMAYUKTI KARINI PROVINSI SULAWESI SELATAN DAN BARAT PERIODE JANUARI SAMPAI DESEMBER 2019

Card image cap

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA PENGURUS DAERAH

DHARMAYUKTI KARINI PROVINSI SULAWESI SELATAN DAN BARAT

 PERIODE JANUARI SAMPAI DESEMBER 2019

Oleh Ny. Gina Syahrial Siddik

Ketua Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat

 

I. BIDANG ORGANISASI

a.  Dalam pembinaan kaderisasi serta pemberdayaan anggota dalam berorganisasi, Dhamayukti Karini Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat telah berjalan dengan baik. Adapun kegiatan ini  diantaranya berupa pertemuan rutin Dhamayukti Karini se Sul-Sel dan Barat yang diadakan 2 bulan sekali yang selama ini tempatnya bergiliran sesuai dengan korcabnya dan korcab tersebut yang menjadi penyelenggara pertemuan tersebut:

Pada bulan November tahun 2019, kami sepakat untuk pertemuan rutin Dharmayukti Karini Se Sul-Sel dan Barat ke depannya untuk tempat akan diadakan di Pengadilan Tinggi Makassar sedangkan penyelenggara pertemuan tetap dilaksanakan per korcab. Hal ini mendapat tanggapan yang positif dari cabang-cabang;

b.  Peningkatan konsolidasi dan sosialisasi organisasi.

Cabang-cabang telah menjalankan sesuai dengan arahan dari Pengurus Daerah yaitu :

§  Menjalankan Muscab Dharmayukti Karini

§  Pertemuan cabang yang mana pelaksanaannya ada yang 1 bulan sekali dan ada yang 2 bulan sekali;

§  Rapat pleno di cabang-cabang;

§  Membuat laporan pertanggung jawaban apabila ada serah terima jabatan Ketua Dharmayukti Karini Cabang;

§  Membuat uraian tugas dan tanggung jawab Pengurus Cabang;

§  Pemakaian seragam resmi beserta atribut Dharmayukti Karini

c.  Meningkatkan dan memantapkan pelaksanaan tertib administrasi organisasi antara lain :

§   Menata papan struktur organisasi

§   Menyanyikan lagu hymne dan mars Dharmayukti Karini

§   Pembuatan laporan kegiatan yaitu Januari s/d Juni dan Juni s/d Desember;

§   Membuat SK ketua Cabang yang ada dibawah wewenangnya dan membuat SK Pengurus antar waktu apabilah ada pengurus yang mutasi.

d.  Membina hubungan dengan istansi terkait dan organisasi wanita lain dengan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan organisasi wanita lain di tingkat kota/kabupaten.

2.    BIDANG PENDIDIKAN. (bekerjasama dengan bidang Sosial Budaya)

       Seluruh cabang telah melaksanakan BDBS, mulai dari pengisian formulir BDBS, pengumpulan dana sampai pembuatan laporan BDBS telah berjalan dengan baik. Begitu juga dengan ceramah-ceramah keagamaan, kesehatan, pengajian rutin, memperingati hari-hari besar nasional.

Kegiatan olah raga antara lain tenis, senam, jalan santai, demo masak, public speaking.ini semua dilaksanakan untuk menambah wawasan anggota. Di wilayah kami tepatnya di Bantaeng, ada Taman Kanak-kanak Binaan Dharmayukti Karini yang bernama TK Yustikarini, guru-guru TK ini merupakan tenaga sukarela dari luar dengan jumlah murid 60 orang dan guru 3 orang.

3.    BIDANG EKONOMI

Antara lain menghimpun dana untuk kelangsungan hidup orang, dengan mengelola iuran anggota, mencari dana yang tidak mengikat, penjualan atribut Dharmayukti Karini, mengadakan bazar setiap ada acara Dharmayukti Karini se Sul-Sel  dan  Barat. Begitu pula di Cabang Pangkep, ada UMKM yang memproduksi olahan ikan bandeng yang dibina oleh Dharmayukti Karini Cabang Pangkep sejak bulan Juli 2019.

4.    BIDANG SOSIAL BUDAYA (bekerja sama dengan Bidang Pendidikan)

Mendukung bidang Pendidikan dalam setiap kegiatan, seperti mengadakan pegajian seminggu sekali untuk waktunya kesepakatan dari anggota, bakti sosial, kunjungan panti asuhan, menegok anggota yang mendapat musibah.

Kegiatan tersebut di atas dapat terlaksana berkat kerjasama yang baik dari Pengurus Daerah dalam memonitor, membina, memfasilitasi, mengarahkan dalam berorganisasi.

Adapun kendala dan hambatan yang dihadapi adalah banyak anggota yang tidak mendampingi suami di tempat tugas karena alasan pekerjaan, sehingga tidak dapat mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus Cabang.

Demikian evaluasi pelaksanaan program kerja kami sampaikan, semoga dapat memberikan gambaran secara jelas tentang perkembangan Dharmayukti KariniProvinsi Sulawesi Selatan & Barat.